Raji Makan Ikan Bikin Cerdas?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-ayo-makan-ikan
Photo Credit: PRObrownpau

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh orang tua dimana kebiasaan makan ikan bisa membuat kita semakin cerdas. Apakah hal ini benar adanya?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania, Amerika Serikat, disebutkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi ikan setidaknya sekali dalam seminggu cenderung mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan memiliki nilai tes IQ yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang jarang makan ikan.

Dalam penelitian ini, 541 anak dengan usia 9 hingga 11 tahun dicek kebiasaan makannya sehari-hari untuk mengetahui apakah ada kaitan antara konsumsi omega-3 dan asam lemak yang bisa ditemukan di dalam daging ikan dengan keceerdasannya. Tak hanya dicek kebiasaan makannya, anak-anak ini juga dicek kebiasaan tidurnya setiap hari dan diminta untuk melakukan tes IQ. Hasilnya adalah, anak-anak yang rajin makan ikan cenderung memiliki nilai tes IQ rata-rata 4,8 poin lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang jarang atau bahkan tidak pernah makan ikan. Bahkan, anak yang jarang makan ikan saja memiliki nilai rata-rata 3,3 poin lebih tinggi dari anak yang tidak pernah makan ikan sama sekali.

Adrian Raine, professor yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa anak-anak yang rajin makan ikan juga cenderung tidur dengan jauh lebih nyenyak dan tidak mengalami gangguan tidur. Padahal, kualitas tidur anak sangat terkait dengan perilaku sosialnya. Jika sampai anak mengalami kurang tidur, maka Ia akan lebih rentan untuk melakukan hal-hal yang anti sosial.

Melihat adanya fakta ini, rajin-rajinlah makan ikan agar bisa semakin sehat dan cerdas.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments